Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 5 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 5 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK - Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yakni Program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan-latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK).

Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 5 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK


Setelah beberapa hari resmi dibukanya Forum Guru Belajar dan Berbagi Program Calon ASN P3K oleh Menteri Pendidikan Bapak Nadiem Makarim, sudah banyak sekali Guru yang mendaftar dengan akun SIM PKB masing-masing.

Sampai saat ini juga sudah banyak sekali Guru yang menyelesaikan Program Belajar dan menjawab soal-soal test yang ada didalam LMS P3K. Karena memang setelah mendaftar Guru tersebut diberikan waktu selama 7 Hari (1 Minggu) untuk menyelesaikan itu semua.

Dalam Program Soal AKM Calon ASN P3K ini Bapak/Ibu diharuskan memilih Mata Pelajaran sesuai dengan Ijazah yang diterima dan diberikan 1 kali kesempatan untuk merubah Mata Pelajaran. Diharapkan menyelesaikan tahap demi tahap materi pembelajaran sampai dengan soal latihan untuk menguji sejauhmana pemahaman akan materi yang diberikan.

Kebetulan admin juga mengikuti Program Guru Belajar dan berbagi Calon ASN P3K dan saat ini alhamdulilah sudah menyelesaikannya. Bagi Bapak/Ibu yang kebetulan kesulitan menjawab soal-soal test yang ada di setiap pembelajaran khusus Pedagogik, kami akan berikan dan bagikan sekaligus dengan kunci jawaban secara bertahap.

Untuk anda yang belum terjaring dalam program ini karena belum masuk kedalam dapodik sehingga belum mendapatkan nomor UKG atau belum  Registrasi jangan terlalu khawatir, karena kami disini akan mencoba berbagi Soal dan Kunci Jawaban serta Modul Pembelajaran secara Gratis.

Dibawah ini kami uraikan Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik Pembelajaran 5 (Dasar Komunikasi) Seri Belajar Mandiri Calon ASN P3K. Selamat membaca!!

1. Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai melalui pembelajaran yang akan dilakukan bersama-sama di suatu kelas, disampaikan oleh guru pada kegiatan …
Jawaban : Kegiatan pendahuluan

2. Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….
Jawaban : Kegiatan Inti

3. Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
Jawaban : pendahuluan

4. Dari pernyataan di bawah ini, pernyataan manakah yang kurang tepat untuk menjelaskan tentang komunikasi yang efektif?
Jawaban : Komunikasi efektif dapat terjadi apabila komunikator menyampaikan pesan hanya secara linear kepada komunikan dengan maksud untuk merubah tingkah laku.

5. Contoh pesan non verbal yang terjadi pada proses pembelajaran di kelas yaitu …
Jawaban : Guru memberikan “standing applause” kepada kelompok yang presentasi hasil kerjanya bagus

6. Salah satu kelebihan komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tatap muka (direct communication) adalah …
Jawaban : Komunikator dan komunikan mengetahui respon secara langsung pada saat komunikasi berlangsung

7. Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
Jawaban : Kepercayaan dan daya tarik

8. Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Jawaban : Persepsi

9. Perhatikan kata (istilah) “likuid” dalam pebelajaran IPA, dengan kata (istilah) “likuid”/”likuiditas” dalam pembelajaran IPS. Istilah tersebut  memiliki arti yang berbeda dengan konteks masing-masing. Kesalahan memahami suatu istilah dapat menghambat dalam proses komunikasi pembelajaran. Hambatan ini biasa disebut ….
Jawaban : Hambatan semantik

10. Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....
Jawaban : Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action

11. Lima hal yang perlu diperhatikan guru dalam membangun iklim komunikasi yang positif dengan peserta didik yaitu ....
Jawaban : Respect, emphaty, audible, clarity, dan humble

12. Komunikasi itu merupakan proses simbolik. Pernyataan ini merupakan …
Jawaban : Prinsip komunikasi

13.Indikator keterampilan komunikasi melalui presentasi hasil kerja ilmiah yang dilakukan oleh siswa dapat diukur melalui aspek-aspek di bawah ini, yaitu …
Jawaban : Siswa mengungkapkan data yang diperoleh dari pengamatan

14. Seorang guru dituntut memiliki kemampuan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Diantara pernyataan di bawah ini, manakah yang kurang tepat mengenai fungsi pertanyaan dalam pembelajaran?
Jawaban : mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan pokok pelajaran

15. Fungsi utama mengajukan pertanyaan kepada siswa dalam proses pembelajaran yaitu untuk ….
Jawaban : Mengajak siswa untuk berpikir dan bernalar

16. Seorang guru menyampaikan materi pembelajaran secara langsung melalui aplikasi video conferences yang diikuti oleh siswa secara terpisah. Komunikasi yang terjadi pada kasus tersebut adalah …
Jawaban : Komunikasi langsung bermedia (mediated direct communination)

17. Pada pendekatan pembelajaran saintifik, keterampilan komunikasi siswa dapat dilihat dan diukur (dinilai) pada kegiatan di bawah ini, kecuali …
Jawaban : Mencoba atau bereksperimen

18. Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …
Jawaban : Bahasa yang digunakan

19. Pada saat tertentu, siswa tidak akan memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru ketika dia menganggap penjelasan guru semakin tidak jelas, semakin bingung, bahkan semakin stress. Hal ini merupakan hambatan komunikasi antara guru dan siswa dalam bentuk ....
Jawaban : gangguan kepentingan

20.Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …
Jawaban : Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa

Demikianlah kiranya berbagi Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik Pembelajaran 5 (Dasar Komunikasi) Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawaban Pedagogik 5 Seri Belajar Mandiri Calon ASN PPPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel