Buku Panduan PPDB Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat

Buku Panduan PPDB Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat - Pemerintah Provisi Jawa Barat kini mengeluarkan Panduan sekaligus Website Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020 atau tahun pelajaran 2020/2021. Untuk websitenya sendiri bisa diakses dilaman sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id. Ini sebagai langkah nyata merubah cara Pendaftaran siswa baru bagi jenjang SMP/MTs di Wilayah Jawa Barat menjadi 1 pintu/ 1 kendali.

Buku Panduan PPDB Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat


Ini juga dibuat sebagai salah satu cara dalam menerapkan social distancing dalam menanggulangi penyebaran pandemi covid-19. Sehingga mendaftarkan siswa/ siswi kelas akhir SMP/MTs bisa langsung diakses secara Online baik dilakukan secara Mandiri ataupun melalui pihak sekolah.

Buku Panduan PPDB Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat yang dibagikan kali ini khusus untuk pihak sekolah dalam mengelola siswa dan siswinya termasuk dalam input nilai siswa dari semester 1 sampai dengan semester 5. kami uraikan secara rincinya ;

1. Halaman Login
Untuk mengakses aplikasi penerimaan peserta didik baru tahun 2020 ini kita harus menggunakan browser. Browser yang dapat digunakan yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan lain sebagainya. Pertama kita ketikkan sekolah.ppdb.disdik.jabarprov.go.id pada tab pencarian, hingga muncul halaman login, lalu masukkan username dan password pada form yang tertera dan klik tombol “Login”. ( Contoh Username dan password : PJBR0217xxxx)


2. Admin
Pada halaman admin akan muncul tiga menu utama seperti gambar dibawah ini, yaitu Profil Sekolah, Users dan Akun Pendaftar.



2.1. Profil Sekolah
Menu Profil Sekolah berfungsi untuk mengelola data sekolah seperti nama sekolah, alamat lengkap sekolah, dan koordinat sekolah.


2.2. Users

Menu Users berguna untuk menambah user yang nantinya bertugas sebagai operator. Untuk menambah user, klik add new user lalu isi field Name, Username dan  Password sesuai dengan keinginan. Setelah semua field terisi, tekan tombol “Simpan” seperti contoh dibawah ini


Jika sudah di simpan, refresh halaman untuk melihat apakah user yang tadi ditambahkan sudah ada pada halaman Users dengan cara refresh browser atau dengan menekan Ctrl + Shift + R. Berikut tampilan halamannya jika kita sudah berhasil menambahkan user.


2.3. Akun Pendaftar
Pada menu Akun Pendaftar terdapat data mengenai akun siswa yang berisikan Nomor UN, NISN, Nama, Username dan Password. Jika kita ingin mencari data, kita dapat menggunakan fitur search/cari berdasarkan Nama seperti tampilan dibawah ini.


Untuk melakukan atau melihat semua data akun pendaftar, dapat menggunakan fitur Export yang terletak pada bagian atas search/cari. Data akan otomatis terunduh dan disimpan dalam file excel.

3. Operator
Pada halaman operator akan muncul tiga menu utama seperti gambar dibawah ini, yaitu Biodata & Rapor, Pendaftaran dan Akun Pendaftar. Operator dapat mengelola data berupa biodata dan nilai rapor siswa.



3.1. Biodata & Rapor
3.1.1. Biodata
Pada halaman awal biodata, kita dapat melihat status data mulai dari NIK, Nama, Koordinat Domisili dan validasi data. Untuk mengelola data tersebut, klik Lihat Data.


Setelah tampilan berubah, isikan data yang kosong dengan data yang sesuai. Pertama, cobalah isi NIK siswa tersebut. Jika sudah memasukkan NIK, maka ada beberapa field yang secara otomatis terisi, seperti Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan. Selanjutnya, kita lengkapi field tersisa yang masih kosong seperti RT, RW dan koordinat tempat tinggal.


Untuk menentukan koordinat, cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan google maps. Pertama yaitu buka google maps melalui browser (https://www.google.com/maps) dan  masukkan alamat pada tab pencarian. Misalkan masukkan alamat Jalan Venus Timur No.10, setelah klik cari maka akan muncul pinpoint pada maps. Selanjutnya, klik kanan pada pinpoint tersebut dan pilih What’s here? seperti tampilan dibawah ini:


Setelah itu, akan muncul popup pada bagian bawah maps berisikan alamat detail seperti nama jalan, kelurahan, kecamatan dan koordinat (-6.940075: latitude 107.667599: longitude).


Koordinat inilah yang digunakan untuk diisi pada form. Adapun tanda jika koordinat berhasil terbaca oleh system yaitu akan muncul potongan maps dibawah field “Coordinate” seperti gambar dibawah ini.

Namun jika koordinat sudah sesuai dan maps belum muncul, coba ulangi kembali cara diatas dan setelah di tempel pada field “Coordinate” tekan “Enter”. Jika data sudah lengkap dan sesuai, klik “Simpan” untuk menyimpan data.

3.1.2. Rapor


Pada sub menu Rapor, operator bertugas untuk memasukkan nilai sesuai dengan rapor siswa dengan cara klik “Input Nilai”. Sebagai contoh, kita akan menginputkan nilai rapor salah satu siswa. Nilai yang diinput adalah nilai Pengetahuan (KI-3) dengan skala nilai 0 –100. Untuk menginput nilai, kita dapat menggunakan “enter” dalam setiap field isian tersebut. Selanjutnya, klik “Simpan” jika data yang diinput sudah sesuai.


Setelah berhasil disimpan, maka kita akan kembali ke halaman awal Rapor. Jika kita ingin memastikan data nilai rapor sudah masuk, klik tanda panah “>” di sebelah kiri kolom Nomor pada siswa yang bersangkutan. Lihatlah contoh gambar dibawah ini!


Namun, jika tampilan yang muncul seperti dibawah ini, maka siswa tersebut belum diinputkan nilai rapornya.

3.1.3. Impor Data


Fungsi Impor Data ini adalah yang paling praktis dari pilihan sub-menu diatas seperti Biodata dan Rapor. Fitur ini lebih sederhana karena bekerja dengan cara mengekspor dan impor data lulusan dalam file excel. Sehingga efektif untuk menginput data dalam jumlah besar.

Untuk mengekspor data, pertama kita pilih tahun lulusan yang diinginkan. Selanjutnya, klik tombol “Export” dan file otomatis terunduh pada browser dalam format excel.


3.2. Akun Pendaftar
Pada sub menu ini, berisi data akun pendaftar mulai dari UN, NISN, Nama, hingga Username dan Password yang dapat digunakan siswa untuk memantau kelengkapan dan kesesuaian data pribadinya. Dalam halaman ini juga terdapat fitur “Export” yang secara otomatis mengunduh data akun pendaftar kedalam format excel dan dapat diakses secara offline. Selain itu, tersedia juga fitur pencarian berdasarkan Nama siswa dibawah tombol “Export”.


Operator juga dapat mereset password siswa dengan menekan tombol “Reset Password”.

Tidak banyak yang akan kami jelaskan disini atau di uraikan disini, lebih jelas, simak saja preview filenya berikut ini supaya makin yakin dan jelas.

Preview File Panduan PPDB Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat


Untuk yang membutuhkan saja file yang dibagikan kali ini, semua gratis bisa didapatkan melalui link berikut ini :
Iutulah Kiranya Berbagi dan Share File  pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan PPDB Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel