Buku Panduan Pendaftar PPDB 2020 Jawa Barat

Buku Panduan Pendaftar PPDB 2020 Jawa Barat - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengeluarkan Buku Panduan/ Manual Book bagi Pendaftar SMP/MTS dalam PPDB Tahun 2020 dalam format PDF yang bsia di Download secara Gratis.

Buku Panduan Pendaftar PPDB 2020 Jawa Barat

Sebelumnya kami sudah membagikan Buku Panduan Bagi Operator Sekolah/ Admin tentang cara Pendaftaran Siswa Baru Provinsi Jawa Barat tahun 2020 yang bisa diakses di DISINI

Webssite PPDB Tahun 2020 yang dibuat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 ini terbilang baru dan ini merupakan salah satu langkah untuk memutus mewabahnya pandemi covis-19 dimana Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) dilaksanakan secara Online melalui alamat pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id yang bisa dilaksanakan secara Mandiri ataupun pihak sekolah.

Buku Panduan Pendaftar PPDB 2020 Jawa Barat ini sangatlah penting bagi siswa dan siswi untuk memilih sekolah tujuan jenjang SMA, MA dan SMK sesuai keinginan dengan beberapa pilihan jenis Pendaftar. Juga didalamnya terdapat nilai raport dari semester 1 sampai dengan 5 yang sesuai dengan raport manual. berikut ini kami akan uraikan secara terperinci, selamat membaca!!

1. Halaman Login
Untuk mengakses aplikasi penerimaan peserta didik baru tahun 2020 ini kita harus menggunakan browser. Browser yang dapat digunakan yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge dan lain sebagainya. Pertama kita ketikkan pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id pada tab pencarian, hingga muncul halaman login, lalu masukkan username dan password pada form yang tertera dan klik tombol “Login”.


2. Siswa
Pada halaman siswa akan muncul menu utama seperti gambar dibawah ini, yaitu Biodata & Rapor serta Pendaftaran. Siswa dapat mengelola data berupa edit biodata dan melihat nilai rapor siswa.


2.1. Biodata & Rapor
2.1.1. Biodata
Pada halaman “Lihat Data Biodata”, siswa dapat mengubah data yang belum sesuai, misalnya alamat lengkap seperti RT, RW, kecamatan, atau kelurahan.

Perlu diketahui, ketika mengisi/mengubah NIK maka ada beberapa field yang secara otomatis terisi, seperti Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan. Namun perlu dilakukan pengecekan ulang agar tidak ada kesalahan data dikemudian hari.


Untuk menentukan koordinat tempat tinggal, cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan google maps. Pertama yaitu buka google maps melalui browser (https://www.google.com/maps) dan masukkan alamat pada tab pencarian. Misalkan masukkan alamat “Jalan Venus Timur No.10”, setelah klik cari maka akan muncul pinpoint pada maps. Selanjutnya, klik kanan pada pinpoint tersebut dan pilih What’s here? seperti tampilan dibawah ini:


Setelah itu, akan muncul popup pada bagian bawah maps berisikan alamat detail seperti nama jalan, kelurahan, kecamatan dan koordinat (-6.940075: latitude 107.667599: longitude).


Koordinat inilah yang digunakan untuk diisi pada form. Adapun tanda jika koordinat berhasil terbaca oleh system yaitu akan muncul potongan maps dibawah field “Coordinate” seperti gambar dibawah ini.


Namun jika koordinat sudah sesuai dan maps belum muncul, coba ulangi kembali cara diatas dan setelah di tempel pada field “Coordinate” tekan “Enter”. Jika data sudah lengkap dan sesuai, klik “Simpan” untuk menyimpan data.

2.1.2. Rapor
Pada sub menu Rapor, siswa dapat melihat “Nilai Rapor”. Disini siswa perlu mencocokkan dan memvalidasi data apakah sudah sesuai atau belum. Jika data belum sesuai segeralah kontak pihak sekolah untuk dilakukan update data nilai rapor. Berikut contoh tampilan halaman “Nilai Rapor”:


Tidak banyak yang akan kami jelaskan disini atau di uraikan disini, lebih jelas, simak saja preview filenya berikut ini supaya makin yakin dan jelas.

Preview Buku Panduan Pendaftar PPDB 2020 Jawa Barat


Untuk yang membutuhkan saja file yang dibagikan kali ini, semua gratis bisa didapatkan melalui link berikut ini :
Iutulah Kiranya Berbagi dan Share File  pada kesempatan kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Buku Panduan Pendaftar PPDB 2020 Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel